Program Kesetaraan PAKET B dan PAKET C di Garut

Program paket B dan paket C di Garut

A. Latar Belakang Pendidikan PAKET A, PAKET B dan PAKET C

Dalam menghadapi tantangan abad ke-21 sangat penting melakukan upaya secara besar-besaran di bidang pendidikan. Oleh karena pentingnya masalah pendidikan, maka perlu diatur dengan memakai suatu aturan yang baku mengenai pendidikan tersebut, yang dipayungi dalam sistem pendidikan nasional. Sistem pendidikan nasional adalah satu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan yang lainnya untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Sistem pendidikan nasional sebagai suatu organisasi haruslah bersifat dinamis dan fleksibel sehingga dapat menyerap perubahan-perubahan yang cepat antara lain karena perkembangan ilmu dan teknlogi serta perubahan masyarakat menuju pada masyarakat yang semakin demokratis dan menghormati hak asasi manusia.

Upaya pemerintah untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan peningkatan mutu manusia Indonesia melalui perbaikan mutu pendidikan. Jalur pendidikan yang dapat ditempuh dapat berupa pendidikan formal (sekolah) maupun pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah). Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan luar sekolah yang dalam sidiknas disebut dengan pendidikan yang bersifat kemasyarakatan yang diselenggarakan di luar sekolah yang dapat memberikan kemungkinan pada perkembangan sosial, sosial, kultural, bahasa dan kesenian, keagamaan dan ketrampilan yang dapat dimanfaatkan oleh anggota masyarakat untuk mengembangkan dirinya dan membangun masyarakatnya.  Usaha untuk peningkatan mutu SDM melalui jalur pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah) dapat ditempuh lewat pendidikan kesetaraan yang meliputi Kejar Paket A, Kejar Paket B, dan Kejar Paket C. Kejar atau Kelompok Belajar adalah pendidikan masyarakat formal yang difasilitasi oleh pemerintah untuk siswa yang belajarnya tidak melalui jalur sekolah. Program ini ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat yang kurang beruntung, tidak sekolah, putus sekolah dan putus lanjutan, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup, dan warga masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan belajarnya sebagai dampak dari perubahan peningkatan taraf hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendidikan kesetaraan sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan nonformal diharapkan dapat berkontribusi lebih banyak terutama dalam mendukung suksesnya program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun) yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 1994, yakni melalui penyelenggaraan program pendidikan kejar Paket A dan Paket B, serta perluasan akses pendidikan menengah melalui penyelenggaraan program Paket C.

Pendidikan Kesetaraan pada hakekatnya bertujuan memberikan kesempatan kepada warga masyarakat untuk mengikuti pendidikan dasar dan menengah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan peserta didik yang tidak memiliki kesempatan belajar pada pendidikan formal. Peningkatan perhatian dan peran serta masyarakat terhadap program Paket A dan Paket B perlu diimbangi dengan upaya penyiapan kompetensi peserta didik agar memiliki kesiapan untuk terjun ke masyarakat dan dunia kerja, karena sebagian besar dari mereka tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

B. Penyelenggaraan PAKET B dan PAKET C di Garut oleh PKBM AL-IHSAN

PKBM AL-IHSAN telah menyelenggarakan program pendidikan PAKET B dan PAKET C di Garut sejak tahun 2007 silam, dan dalam waktu 10 tahun, PKBM AL-IHSAN telah meluluskan ratusan peserta didik. Dengan pengalamannya bertahun-tahun, PKBM AL-IHSAN tentu telah memiliki ijin atau legalitas dari dinas terkait dalam penyelenggaraan pendidikan PAKET B dan PAKET C. Sehingga ijazah yang didapatkan oleh peserta didik adalah ijazah resmi yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan.

Waktu pembelajaran PAKET dilaksanakan 1 minggu dua kali, yaitu hari Jum’at (14:00 – Selesai) dan Ahad (08:00 – Selesai). Jadwal dapat diubah sesuai dengan kesepakatan peserta didik. Materi yang diajarkan antara lain : Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan PKN. Materi tersebut dijelaskan oleh para pengajar professional dan berpengalaman, serta memiliki gelar sarjana di masing-masing materi yang diajarkan.

Jenis ujian yang akan diberikan kepada perserta didik yaitu : Quis ( Ulangan Materi ), UTS ( Ujian Tengah Semester ), UAS ( Ujian Akhir Semester )  dan UN ( Ujian Nasional ). Waktu pelaksanaan ujian nasional PAKET B sama dengan waktu pelaksanaan ujian SMP/Sederajat dan waktu pelaksanaan ujian nasional PAKET C sama dengan waktu pelaksanaan ujian SMA/Sederajat. Untuk tahun ini (2017), PKBM AL-IHSAN dipercaya untuk melakukan Ujian Nasional PAKET C dengan metode CBT ( Computer Base Test ). Dengan demikian peserta didik yang belum bisa menggunakan komputer akan diberikan pelatihan 1 bulan sebelum Ujian Nasional berlangsung.

Pendaftaran PAKET B dan PAKET C

 

Daftar Paket C

Untuk mengetahui informasi lengkap waktu pendaftaran dan persyaratan program PAKET di PKBM AL-IHSAN, silahkan menghubungi kami melalui email / whatsapp / telepon.

Email : info@alikhlash.ponpes.id
Telepon/WA : 082 348 338 567

Lokasi PKBM

MD. AL-IKHLASH, Kp.Kiaralawang RT.03 RW 03
Ds.Cikedokan Kec.Bayonbong – Garut

Galeri Foto PKBM AL-IHSAN Garut

Madrasah AL-IKHLASH Garut | PKBM AL-IHSAN
Madrasah AL-IKHLASH Garut | PKBM AL-IHSAN

 

Peserta Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN
Peserta Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN

 

Kegiatan Upgrading Paket C di Garut
Kegiatan Upgrading Paket C di PKBM AL-IHSAN Garut.

 

Pembukaan program paket C tahun 2017 di Garut PKBM AL-IHSAN
Pembukaan program paket C tahun 2017 di PKBM AL-IHSAN Garut.

 

Pembelajaran Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN
Pembelajaran Paket C di PKBM AL-IHSAN Garut.

 

Pelaksanaan Ujian Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN 2
Pelaksanaan Ujian Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN 2

 

Ujian Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN
Ujian Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN

 

Ujian Akhir Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN
Ujian Akhir Nasional Paket C di Garut PKBM AL-IHSAN

Keyword : Paket B di garut, Paket C di garut, Program Paket C, Pendaftaran Paket C, Pendidikan Kesetaraan, Program Paket, Paket B, Paket C. Sekolah Paket C Garut, Tempat Paket C di Garut, Pendaftaran Paket C di Garut

 

Bagikan ke Sosmed