Jadwal Imsyak Ramadhan 2018 M / 1439 H Semua Kota di Indonesia

Istilah Imsak atau Imsakiyah berlaku baik saat menjalankan puasa wajib seperti puasa Ramadhan maupun saat menjalan puasa sunah seperti puasa senin dan kamis. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak atau imsakiyah adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Dalam jadwal shalat biasanya tercantum waktu imsak, dalam pengertian ini imsak atau imsakiyah adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian Imsak di sini mengandung arti peringatan atau kehatian-hatian.

Ketentuan waktu imsak atau imsakiyah sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk  membaca 50 ayat.’”

Berikut adalah Jadwal Sholat dan Imsyakiyah Ramadhan 2018 seluruh kota di Indonesia :

Jadwal Sholat & Jadwal Imsyak Ramadhan 2018 M

 

Bagikan ke Sosmed

Rizal Hidayat

Madrasah AL-IKHLASH Management, Works as an IT Consultant in Jakarta Indonesia. Currently studying entrepreneurship at the Kemasaja.com project. Computer Engineering 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *